Belajar Processing: Menggambar Objek Rumah dengan Processing - Mari Belajar Coding -->

Jumat, 08 Maret 2019

Belajar Processing: Menggambar Objek Rumah dengan Processing


Menggambar Objek Rumah dengan Processing

Selamat datang kembali di blog Mari belajar koding. Masih di belajar tentang pemograman dengan processing, sebelumnya kita belajar tentang menggambar logo android. Processing sendiri merupakan aplikasi untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks visual. Tutorial kali ini kita akan belajar menggambar sebuah objek rumah. 

Menggambar Objek Rumah dengan Processing

Salin kode di bawah ini kemudian jalankan di aplikasi processing kamu.

size(600,400);
background(189,252,240);
smooth();
//dasar pondasi 1
fill(193,185,139);
beginShape(POLYGON);
vertex(100,335);
vertex(500,335);
vertex(500,350);
vertex(100,350);
endShape(CLOSE);
//dasar pondasi 2
fill(124,76,12);
beginShape(POLYGON);
vertex(135,320);
vertex(465,320);
vertex(465,335);
vertex(135,335);
endShape(CLOSE);
//dasar pondasi 3 
fill(118,80,30);
beginShape(POLYGON);
vertex(170,305);
vertex(430,305);
vertex(430,320);
vertex(170,320);
endShape(CLOSE);
//dasar pondasi 4
fill(167,132,85);
beginShape(POLYGON);
vertex(200,290);
vertex(400,290);
vertex(400,305);
vertex(200,305);
endShape(CLOSE);
//cagak kiri
fill(250,157,81);
beginShape(POLYGON);
vertex(135,335);
vertex(145,335);
vertex(145,185);
vertex(135,185);
endShape(CLOSE);
//cagak kanan
fill(250,157,81);
beginShape(POLYGON);
vertex(455,335);
vertex(465,335);
vertex(465,185);
vertex(455,185);
endShape(CLOSE);
//nduwur saka 
fill(252,172,125);
beginShape(POLYGON);
vertex(500,185);
vertex(100,185);
vertex(100,180);
vertex(500,180);
endShape(CLOSE);
//genteng bawah 
smooth();
fill(255,118,39);
beginShape(POLYGON);
vertex(100,180);
vertex(500,180);
vertex(100,180);
vertex(225,135);
vertex(375,135);
vertex(500,180);
endShape();
//atap atas 
fill(222,106,18);
beginShape(POLYGON);
vertex(225,135);
vertex(250,65);
vertex(350,65);
vertex(375,135);
endShape();
noFill();

//cagak pintu kiri
fill(131,116,28);
beginShape(POLYGON);
vertex(230,290);
vertex(230,185);
vertex(235,185);
vertex(235,290);
endShape();

//cagak pintu kanan
beginShape(POLYGON);
vertex(370,290);
vertex(370,185);
vertex(365,185);
vertex(365,290);
endShape();

//cagak pintu tengah 
beginShape(POLYGON);
vertex(298,290);
vertex(298,185);
vertex(302,185);
vertex(302,290);
endShape();

//gocekan lawang kanan
fill(0);
ellipse(310,237.5,7,7);
ellipse(290,237.5,7,7);

//pagar kiri yang tidur
strokeWeight(1);
line(145,260,230,260);
line(145,275,230,275);
line(145,290,200,290);
line(145,305,170,305);

//pagar kanan yang tidur 
line(370,260,455,260);
line(370,275,455,275);
line(400,290,455,290);
line(430,305,455,305);
endShape();

//cendela kanan
fill(255,255,0);
beginShape(POLYGON);
vertex(390,210);
vertex(390,240);
vertex(435,240);
vertex(435,210);
vertex(390,210);
endShape();

//cendela kiri
fill(255,255,0);
beginShape(POLYGON);
vertex(210,210);
vertex(210,240);
vertex(165,240);
vertex(165,210);
vertex(210,210);
endShape();

//sekat cendela
line(188,210,188,240);
line(413,210,413,240);

//Lampu taman kiri
fill(196,209,205);
arc(50,350,30,30,(180*PI)/180,(360*PI)/180);
fill(255);
ellipse(50,285,30,30);
ellipse(50,285,30,6);
endShape();

//lampu taman Kanan
fill(196,209,205);
arc(550,350,30,30,(180*PI)/180,(360*PI)/180);
fill(255);
ellipse(550,285,30,30);
ellipse(550,285,30,6);
strokeWeight(3);
line(50,302,50,335);
line(550,302,550,335);
noStroke();
endShape();

//tanah 
fill(39,27,19);
beginShape(POLYGON);
vertex(0,350);
vertex(0,400);
vertex(600,400);
vertex(600,350);
endShape();

//rumput kiri 
beginShape(TRIANGLES);
fill(75,149,6);
vertex(0,350);
vertex(6,325);
vertex(12,350);
vertex(12,350);
vertex(18,325);
vertex(24,350);
vertex(24,350);
vertex(30,330);
vertex(35,350);
vertex(66,350);
vertex(71,330);
vertex(77,350);
vertex(77,350);
vertex(83,325);
vertex(89,350);
vertex(89,350);
vertex(95,325);
vertex(100,350);
endShape();

//rumput kanan 
beginShape(TRIANGLES);
fill(75,149,6);
vertex(500,350);
vertex(506,325);
vertex(512,350);
vertex(512,350);
vertex(518,325);
vertex(524,350);
vertex(524,350);
vertex(530,330);
vertex(535,350);
vertex(566,350);
vertex(571,330);
vertex(577,350);
vertex(577,350);
vertex(583,325);
vertex(589,350);
vertex(589,350);
vertex(595,325);
vertex(600,350);
endShape();


Menggambar dengan processing

Hasil dari syntaks program seperti diatas. Untuk tutorial pemrograman dengan processing selanjutnya kita akan belajar membuat animasi dengan processing.
Related search:
  • Membuat gambar objek dengan processing
  • Membuat animasi dengan processing

Related Posts

Load comments