Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Processing - Mari Belajar Coding

17 Maret 2019

Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Processing


Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Processing

Selamat datang kembali di blog Mari belajar koding. Kali ini saya akan share lagi nih mengenai processing. Ternyata masih ada file projek kuliah mengenai processing. Yang belum tau apa itu processing, Processing merupakan aplikasi untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks visual. Buat teman-teman yang mencari artikel tentang membuat animasi dengan processing, artikel ini mungkin bisa bermanfaat.

Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Processing

Salin kode berikut dan jalankan aplikasi processing kamu.

float x, y, z;
float size = 75;

void setup()
{
size (800, 600);

}

void draw()
{
background(72,201,223);  
int  d;
d = second();

fill(255,159,57);//matahari
  ellipse(700,250-4*d,80,80);
  
   fill(99,131,17);//gunung
  beginShape(POLYGON);
  vertex(400,470);
  vertex(580,200);
  vertex(600,200);
  vertex(800,400);
  endShape();
  fill(99,131,17);//gunung
  beginShape(POLYGON);
  vertex(250,480);
  vertex(330,220);
  vertex(350,220);
  vertex(500,450);
  endShape();

fill(0, 100, 0);
stroke(0);
triangle(25, 420, 0, 500, 35, 497);//rumput
triangle(50, 420, 35, 497, 80, 490);
triangle(380, 350, 350, 455, 400, 450);
triangle( 400, 450, 430, 350, 450, 445);
triangle(450, 445, 475, 355, 500, 440);
triangle(500, 440, 530, 350, 550, 435);
fill(188, 115, 21);
line(0, 500, 800, 400);
beginShape(POLYGON);//tanah
strokeWeight(0);
vertex (0,500);
vertex (0, 600);
vertex (800, 600);
vertex (800, 400);
vertex (400, 450);  
endShape();

strokeWeight(15);
stroke(192,192,192);
point(60-1*d,200-5*d);
point(65+2*d,200-5*d);
point(70-1*d,200-5*d);
point(75-1,5*d,200-3*d);
point(80,200-6*d);
point(85,200-7*d);
point(88,200-6*d);
point(90+1*d,200-4*d);
point(80+1*d,200-5*d);
point(85+3*d,200-5*d);

beginShape(POLYGON);//cerobong asap
strokeWeight(3);
stroke(0);
vertex (50, 200);
vertex (50, 550);
vertex (100, 550);
vertex (100, 200);
vertex (50, 200);  
endShape();
fill(125, 55, 68);    
triangle(400, 400, 200, 250, 0, 400);
rect(50, 400, 300, 150);//badan rumah

  int i; //baling"
  i=second();
  strokeWeight(15);
  //line(210,150,cos(i)*100+210,sin (i)*100+150);
  //line(210,150,210,150);
  //arc(210,150,cos(i)*100+210,sin (i)*100+150,(180*PI)/180,(360*PI)/180); 

fill(235,186,84); //pohon 
  noStroke();
  smooth();
  beginShape();
  vertex(715,700);
  vertex(790,700);
  vertex(760,450);
  vertex(740,450);
  endShape();
  fill(71,162,26);
  ellipse(700,400,300,150);
  ellipse(700,450,150,100);
  ellipse(770,450,300,150);
  ellipse(760,340,200,60);
  ellipse(760,400,90,150);
  endShape();
  stroke(0);
 
fill(255);
strokeWeight(3); //atap
beginShape(POLYGON);
vertex (200, 250);
vertex (0, 400);
vertex (20, 400);
vertex (200, 270);
vertex (200, 250);  
endShape();
beginShape(POLYGON);
vertex (200, 250);
vertex (400, 400);
vertex (380, 400);
vertex (200, 270);
vertex (200, 250);  
endShape();



//jendela,pintu
strokeWeight(3);
ellipse(200, 340, 50, 50);
rect(80, 420, 50, 70);
rect(170, 420, 50, 70);
rect(270, 420, 70, 130);
line(80, 440, 130, 440);
line(80, 460, 130, 460);
line(170, 440, 220, 440);
line(170, 460, 220, 460);
strokeWeight(7);
point(280, 485);
fill(0, 100, 0);
strokeWeight(0);

//awan
    y = y + 0.08;
  translate(y-200, height/2-2*size/2);
noStroke();
fill(255);
ellipse(450,-50,70,45);
ellipse(500,-50,85,65);
ellipse(540,-50,70,35);

ellipse(700,-100,80,50);
ellipse(750,-100,95,75);
ellipse(780,-100,80,55);
ellipse(815,-100,75,40);
}

Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Processing


Sudah saya kasih komentar penjelas di sintaks programnya, kamu bisa mengubah kodingnya untuk di perbaiki atau dibuat lebih bagus. Sekian semoga bermanfaat.

Tutorial Processing lainnya:

Related Posts

Load comments