Membuat Toko Online dengan Wordpress Part 1 - Mari Belajar Coding

18 Desember 2019

Membuat Toko Online dengan Wordpress Part 1

Membuat Toko Online dengan Wordpress

Tidak sedikit perusahaan maupun perorangan yang memanfaatkan teknologi berbasis website untuk menawarkan produk yang mereka jual kepada konsumen. Toko online merupakan sebuah media yang tepat untuk sarana promosi produk tanpa terbatas ruang dan waktu. 

Pembuatan website untuk toko online bisa di lakukan dengan berbagai cara seperti memahami bahasa pemrograman kemudian ngoding sendiri, menggunakan bantuan CMS(Sistem manajemen konten) dan sebagainya.

Bagi orang awam di dunia pemrograman tentu akan menyusahkan jika membangun sebuah toko online dengan menulis koding sendiri. Wordpress merupakan CMS yang powerfull untuk membuat  sebuah website dengan plugin WooCommerce yang mendukung fitur toko online untuk mempermudah pekerjaan kita.

Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat sebuah web toko online menggunakan Wordpress dan plugin WooCommerce.

Persiapan
CMS Wordpress
Plugin WooCommerce
thema ShopIsle 

Instalasi Wordpress
Dalam instalasi wordpress pada tutorial ini kita akan menggunakan server lokal komputer dengan Xampp control panel dan penyedia hosting gratisan 000webhost untuk kebutuhan pembelajaran. Bagi teman-teman yang sudah menginstall wordpress di hosting silahkan ikuti tutorial selanjutnya. 

Install di xampp control panel
Sebelum memulai instalasi wordpress buat database bernama tokoonline di komputer teman-teman.
Silahkan download wordpress melalui link tautan diatas, kemudian ekstrak file hasil download dan pindahkan kedalam directory xampp/htdocs/.  Rename folder wordpress dengan nama toko-online. Buka localhost:/toko-online melalui browser kemudian ikuti langkah-langkah instalasinya.
Pilih bahasa yang akan kita digunakan.
Membuat Toko Online dengan Wordpress

Konfigurasi database, isikan nama basis data dengan tokoonline yang sudah di buat tadi kemudian sesuaikan settingan database komputer teman-teman untuk nama pengguna dan kata sandi.
Membuat Toko Online dengan Wordpress

Isikan judul situs nama pengguna dan kata sandi untuk login pada akun wordpress dan terakhir isikan alamat email.
Membuat Toko Online dengan Wordpress

Instalasi wordpress di server lokal telah selesai, teman-teman akan diarahkan pada halaman dasbor wordpress seperti gambar dibawah ini.
Membuat Toko Online dengan Wordpress

Install Wordpress di 000webhost
Silahkan teman-teman kunjungi situs id.000webhost.com kemudian daftarkan akun baru atau bisa login menggunakan akun facebook dan google.
Setelah login di dasbor 000webhost teman-teman bisa pilih create new site. Masukan alamat domain kemudian buat site baru.
Pilih Manage Website, Kemudian pilih install WordPress.
Membuat Toko Online dengan Wordpress

Install Tema ShopIsle
Pilih menu Tampilan pada sisi kiri menu Wordpress, kemudian tambahkan tema baru. Upload file shop-isle.1.1.58.zip tunggu hingga pemasangan tema selesai. Terakhir Aktifkan tema shop ishle.
Tampilan tema shop ishle.
Membuat Toko Online dengan Wordpress

Baca juga Membuat Toko Online dengan Wordpress Part 2

Related Posts

Load comments