Memperbaiki Cleartext HTTP traffic not permitted Ionic - Mari Belajar Coding

02 Oktober 2019

Memperbaiki Cleartext HTTP traffic not permitted Ionic

Memperbaiki Cleartext HTTP traffic not permitted Ionic

Selamat datang di blog Mari belajar coding. Beberapa waktu yang lalu saya menemukan sedikit masalah saat build aplikasi android menggunakan framework Ionic 3 dan Cordova versi 9. Ketika menggunakan plugin file transfer untuk upload file ke server, muncul pesan error Cleartext HTTP traffic not permittedPesan ini muncul saat saya menjalankan aplikasi pada device dengan android Pie (versi 9). 

Ketika sebuah aplikasi berkomunikasi dengan server menggunakan lalu lintas jaringan clear text seperti HTTP, dapat meningkatkan resiko karena data tidak terenkripsi. Aplikasi yang ingin terhubung atau berkomunikasi dengan server hanya di perbolehkan dengan lalu lintas yang aman saja seperti HTTPS. Akan tetapi kita dapat memperbaiki kesalahan dengan menambahkan network Security Config  di android Manifest.

Buka file network_security_config.xml yang berada pada folder resources/xml/. Tambahkan domain server anda, contoh nya seperti dibawah ini.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<network-security-config>
    <domain-config cleartextTrafficPermitted="true">
        <domain includeSubdomains="true">192.168.99.183</domain>
        <domain includeSubdomains="true">10.0.2.2</domain>
    </domain-config>
</network-security-config>

Keterangan:
alamat IP 192.168.99.183 diatas merupakan domain lokal server PC yang saya gunakan (localhost) jika ingin menjalankan aplikasi dengan real device dalam satu jaringan antara PC dan device.
Alamat IP 10.0.2.2 merupakan domain local server PC jika menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi.

Teman-teman dapat mengganti domain diatas dengan alamat domain server yang teman-teman gunakan.

Untuk lebih jelasnya mengenai traffic cleartext atau pemasangan sertifikat agar menghindari terkena serangan man-in-the-middle. Silahkan baca dokumentasinya di sini Konfigurasi keamanan jaringan.

Related Posts

Load comments