Mengenal XML Serta Kelebihan dan Kekurangannya - Mari Belajar Coding -->

Selasa, 26 Maret 2019

Mengenal XML Serta Kelebihan dan Kekurangannya



Selamat datang kembali di blog Mari belajar koding. Kali ini kita akan belajar mengenai XML. Apa itu XML? xml atau eXtensible Markup Language merupakan bahasa markup seperti halnya HTML. XML dibuat oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk mendefinisikan sintaks untuk menyandikan dokumen yang dapat dibaca oleh manusia dan mesin. Ini dilakukan melalui penggunaan tag yang menentukan struktur dokumen, serta bagaimana dokumen harus disimpan dan dikirim.

Jika kita membandingkan dengan bahasa markup lain seperti HTML yang digunakan untuk menyandikan halaman web. HTML menggunakan seperangkat simbol markup yang telah ditentukan sebelumnya yang menggambarkan format konten pada halaman web. Hal ini yang membedakan XML, XML tidak memiliki bahasa markup yang telah ditentukan, seperti halnya HTML. XML memungkinkan pengguna untuk membuat simbol markup mereka sendiri untuk mendeskripsikan konten, membuat rangkaian simbol tanpa batas dan mendefinisikan sendiri. Pada dasarnya, HTML adalah bahasa yang berfokus pada penyajian konten, sedangkan XML merupakan bahasa deskripsi data khusus yang digunakan untuk menyimpan data.

Kelebihan dan Keunggulan Menggunakan XML

1. XML adalah platform independen dan bahasa pemrograman independen, sehingga dapat digunakan pada sistem apa pun.

2. XML mendukung unicode. Unicode adalah standar penyandian internasional untuk digunakan dengan berbagai bahasa dan skrip.

3. Data yang disimpan dan dikirim menggunakan XML dapat diubah kapan saja tanpa mempengaruhi penyajian data. Secara umum bahasa markup lainnya seperti HTML digunakan untuk presentasi data.

4. XML memungkinkan validasi menggunakan DTD dan Skema. Validasi ini memastikan bahwa dokumen XML bebas dari kesalahan sintaksis apa pun.

5. XML menyederhanakan berbagi data antara berbagai sistem karena sifatnya yang independen terhadap platform. Data XML tidak memerlukan konversi apa pun saat ditransfer antara sistem yang berbeda.

Kekurangan dan Kerugian Menggunakan XML

1. Redundansi dalam sintaksis XML menyebabkan biaya penyimpanan dan transportasi yang lebih tinggi ketika volume data besar.

2. Dokumen XML kurang dapat dibaca dibandingkan dengan format transmisi data berbasis teks lainnya seperti JSON.

3. XML tidak mendukung array.

4. Ukuran file XML biasanya sangat besar karena sifatnya yang verbose, sangat tergantung pada siapa yang menulisnya.

Baca juga:


Related Seacrh:
  • Pengertian XML
  • Kelebihan dan kekurangan menggunakan XML
  • Keunggulan dan Kerugian menggunakan XML

Related Posts

Load comments